Hubungan serta PENGARUH Motivasi Kerja dan Kemampuan Pegawai
terhadap Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
a. Variabel Motivasi Kerja (X1)
b. Variabel Kemampuan Pegawai (X2)
c. Variabel Pelayanan Mahasiswa (Y)
d. Sampel sebanyak 64 responden
e. Tingkat kesalahan α = 0,05
Pertanyaan:
1. Apakah ada hubungan yang signifikan antara (X1) dengan (X2) secara bersama-sama terhadap (Y)?
2. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara (X1) dengan (X2) secara bersama-sama terhadap (Y)?
Data Penelitian sebagai berikut :
Data Variabel (X1), (X2) dan (Y)
No. | X1 | X2 | Y | No. | X1 | X2 | Y | |
1 | 42 | 67 | 54 | 33 | 48 | 97 | 61 | |
2 | 41 | 58 | 50 | 34 | 47 | 77 | 40 | |
3 | 55 | 90 | 61 | 35 | 47 | 99 | 48 | |
4 | 68 | 77 | 47 | 36 | 41 | 77 | 54 | |
5 | 61 | 99 | 68 | 37 | 41 | 77 | 34 | |
6 | 61 | 109 | 82 | 38 | 42 | 55 | 48 | |
7 | 54 | 76 | 67 | 39 | 61 | 88 | 68 | |
8 | 48 | 75 | 69 | 40 | 69 | 120 | 67 | |
9 | 40 | 77 | 55 | 41 | 62 | 87 | 67 | |
10 | 34 | 67 | 48 | 42 | 65 | 87 | 75 | |
11 | 48 | 68 | 47 | 43 | 48 | 50 | 56 | |
12 | 38 | 67 | 55 | 44 | 52 | 87 | 60 | |
13 | 55 | 89 | 61 | 45 | 47 | 87 | 47 | |
14 | 62 | 87 | 61 | 46 | 47 | 87 | 60 | |
15 | 68 | 87 | 68 | 47 | 47 | 81 | 61 | |
16 | 56 | 87 | 65 | 48 | 41 | 55 | 47 | |
17 | 38 | 65 | 70 | 49 | 55 | 88 | 68 | |
18 | 61 | 95 | 75 | 50 | 75 | 98 | 68 | |
19 | 68 | 105 | 61 | 51 | 62 | 87 | 74 | |
20 | 60 | 78 | 54 | 52 | 68 | 87 | 75 | |
21 | 55 | 77 | 60 | 53 | 48 | 44 | 55 | |
22 | 27 | 66 | 55 | 54 | 49 | 94 | 61 | |
23 | 48 | 66 | 55 | 55 | 48 | 77 | 46 | |
24 | 40 | 55 | 47 | 56 | 54 | 55 | 61 | |
25 | 40 | 78 | 56 | 57 | 54 | 76 | 58 | |
26 | 48 | 79 | 54 | 58 | 48 | 65 | 50 | |
27 | 38 | 75 | 69 | 59 | 61 | 90 | 68 | |
28 | 57 | 98 | 74 | 60 | 54 | 119 | 75 | |
29 | 68 | 98 | 68 | 61 | 68 | 119 | 75 | |
30 | 61 | 87 | 66 | 62 | 68 | 98 | 75 | |
31 | 35 | 87 | 61 | 63 | 47 | 55 | 56 | |
32 | 40 | 77 | 69 | 64 | 41 | 66 | 61 |
Output :
Correlations | ||||
Motivasi Kerja | Kemampuan Pegawai | Pelayanan Mahasiswa | ||
Motivasi Kerja | Pearson Correlation | 1 | .617** | .549** |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
Kemampuan Pegawai | Pearson Correlation | .617** | 1 | .571** |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
Pelayanan Mahasiswa | Pearson Correlation | .549** | .571** | 1 |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). |
Variables Entered/Removeda | |||
Model | Variables Entered | Variables Removed | Method |
1 | Kemampuan Pegawai, Motivasi Kerjab | . | Enter |
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa | |||
b. All requested variables entered. |
Model Summaryb | |||||
Model | R | R Square | Adjusted R Square | Std. Error of the Estimate | Durbin-Watson |
1 | .624a | .389 | .369 | 7.93843 | 1.463 |
a. Predictors: (Constant), Kemampuan Pegawai, Motivasi Kerja | |||||
b. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
ANOVAa | ||||||
Model | Sum of Squares | df | Mean Square | F | Sig. | |
1 | Regression | 2445.846 | 2 | 1222.923 | 19.406 | .000b |
Residual | 3844.139 | 61 | 63.019 | |||
Total | 6289.984 | 63 | ||||
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa | ||||||
b. Predictors: (Constant), Kemampuan Pegawai, Motivasi Kerja |
Coefficientsa | ||||||||
Model | Unstandardized Coefficients | Standardized Coefficients | t | Sig. | 95.0% Confidence Interval for B | |||
B | Std. Error | Beta | Lower Bound | Upper Bound | ||||
1 | (Constant) | 26.802 | 5.499 | 4.874 | .000 | 15.805 | 37.799 | |
Motivasi Kerja | .297 | .119 | .318 | 2.503 | .015 | .060 | .534 | |
Kemampuan Pegawai | .225 | .076 | .375 | 2.945 | .005 | .072 | .378 | |
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
Coefficient Correlationsa | ||||
Model | Kemampuan Pegawai | Motivasi Kerja | ||
1 | Correlations | Kemampuan Pegawai | 1.000 | -.617 |
Motivasi Kerja | -.617 | 1.000 | ||
Covariances | Kemampuan Pegawai | .006 | -.006 | |
Motivasi Kerja | -.006 | .014 | ||
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
Residuals Statisticsa | |||||
Minimum | Maximum | Mean | Std. Deviation | N | |
Predicted Value | 49.6822 | 74.3134 | 60.4844 | 6.23081 | 64 |
Residual | -22.31607 | 17.27720 | .00000 | 7.81141 | 64 |
Std. Predicted Value | -1.734 | 2.219 | .000 | 1.000 | 64 |
Std. Residual | -2.811 | 2.176 | .000 | .984 | 64 |
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
Analisis 1:
1. Apakah ada hubungan yang signifikan antara (X1) dengan (X2) secara bersama-sama terhadap (Y)?
Hipotesis dan Pengambilan Keputusan
Hipotesis 1.
H0 : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
H1 : Terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Hipotesis 2.
H0 : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
H1 : Terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Dasar Pengambilan Keputusan 1
Dengan melihat angka probabilitas, dengan aturan :
- Probabilitas Sig. > 0.05, maka H0 diterima.
Berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
- Probabilitas Sig. < 0.05, maka H0 ditolak.
Berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Dasar Pengambilan Keputusan 1
Dengan melihat angka probabilitas, dengan aturan :
- Probabilitas Sig. > 0.05, maka H0 diterima.
Berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
- Probabilitas Sig. < 0.05, maka H0 ditolak.
Berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Hasil Uji Outputdan Analisis
Correlations | ||||
Motivasi Kerja | Kemampuan Pegawai | Pelayanan Mahasiswa | ||
Motivasi Kerja | Pearson Correlation | 1 | .617** | .549** |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
Kemampuan Pegawai | Pearson Correlation | .617** | 1 | .571** |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
Pelayanan Mahasiswa | Pearson Correlation | .549** | .571** | 1 |
Sig. (2-tailed) | .000 | .000 | ||
N | 64 | 64 | 64 | |
**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). |
Angka korelasi antara Motivasi Kerja dengan Pelayanan Mahasiswa di dapat 0.549 dengan signifikansi Sig. = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan korelasi 0,549 signifikan. Peningkatan Motivasi Kerja Pegawai sudah tentu akan meningkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa.
Angka korelasi antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa di dapat 0.571 dengan signifikansi Sig. = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan korelasi 0,571 signifikan. Peningkatan Motivasi Kerja Pegawai sudah tentu akan meningkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa.
Analisis 2:
1. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara (X1) dengan (X2) secara bersama-sama terhadap (Y)?
Hipotesis dan Pengambilan Keputusan
Hipotesis.
H0 : Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja, Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
H1 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja, Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Dasar Pengambilan Keputusan 1
Dengan melihat angka probabilitas, dengan aturan :
- Probabilitas Sig. > 0.05, maka H0 diterima.
Berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara c pada biro akademik kemahasiswaan Universitas Pattimura Ambon.
- Probabilitas Sig. < 0.05, maka H0 ditolak.
Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja, Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
Hasil Uji Outputdan Analisis
Model Summaryb | |||||
Model | R | R Square | Adjusted R Square | Std. Error of the Estimate | Durbin-Watson |
1 | .624a | .389 | .369 | 7.93843 | 1.463 |
a. Predictors: (Constant), Kemampuan Pegawai, Motivasi Kerja | |||||
b. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
Penjelasaan Model Summary
Dari hasil perhitungan SPSS diperoleh R = 0.624, dengan R2 = 0.389. Nilai R merupakan hubungan antara Motivasi Kerja dan Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar kualitas model regresi linier berganda yang terbentuk, perhatikan nilai koefisien determinasi (R square) = 0.369. Nilai tersebut menunjukkan informasi bahwa 37% nilai dari besarnya Pelayanan Mahasiswa telah dapat dijelaskan oleh data Motivasi Kerja dan Kemampuan Pegawai. Sedangkan sisanya 63% informasi mengenai besarnya Pelayanan Mahasiswa belum dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas tersebut.
Pendeteksian Autokorelasi
Dari table Summary terdapat nilai untuk Durbin-Watson = 1.463. Penggunaan nilai ini bertujuan untuk menguji apakah ada atau tidak autokorelasi. Dasar pengambilan keputusannya :
Jika nilai Durbin-Watson berada pada rentang -2 ≤ Durbin-Watson ≤ 2, maka tidak terjadi autokorelasi. Sedangkan jika tidak pada rentang tersebut terjadi autokorelasi.
Karna pada kasus ini dihasilkan nilai 1.463 yang berada pada rentang -2 ≤ n ≤ 2, maka antara variable Motivasi Pegawai dan Kemampuan Pegawai tidak terjadi autokorelasi.
Penjelasan ANOVA
ANOVAa | ||||||
Model | Sum of Squares | df | Mean Square | F | Sig. | |
1 | Regression | 2445.846 | 2 | 1222.923 | 19.406 | .000b |
Residual | 3844.139 | 61 | 63.019 | |||
Total | 6289.984 | 63 | ||||
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa | ||||||
b. Predictors: (Constant), Kemampuan Pegawai, Motivasi Kerja |
Untuk melihat signifikansi koefisien determinasi kita dapat melihat nilai Fhitung dan nilai Sig. atau dengan membandingkan nilai Ftabel. Dari tabel ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 19,406 dengan nilai Sig. sebesar 0,000. Sedangkan nilai Ftabel diperoleh pada table F dengan v1=2 dan v2=61, yaitu sebesar 3,15. Dari kondisi tersebut terlihat bahwa nilai Fhitung > Ftabel dan nilai Sig. < dari nilai α (0.05), maka kesimpulan yang bisa diambil adalah menolak H0 yang berarti koefisien determinasi adalah signifikan secara statistik serta menunjukkan persamaan regresi berganda yang dihasilkan dapat digunakan untuk memprediksi Pelayanan Mahasiswa.
Penjelasan Coefficient Model
Coefficientsa | ||||||||||
Model | Unstandardized Coefficients | Standardized Coefficients | t | Sig. | 95.0% Confidence Interval for B | Collinearity Statistics | ||||
B | Std. Error | Beta | Lower Bound | Upper Bound | Tolerance | VIF | ||||
1 | (Constant) | 26.802 | 5.499 | 4.874 | .000 | 15.805 | 37.799 | |||
Motivasi Kerja | .297 | .119 | .318 | 2.503 | .015 | .060 | .534 | .619 | 1.615 | |
Kemampuan Pegawai | .225 | .076 | .375 | 2.945 | .005 | .072 | .378 | .619 | 1.615 | |
a. Dependent Variable: Pelayanan Mahasiswa |
Dari nilai persamaan yang dihasilkan oleh regresi diperoleh persamaan sebagai berikut :
- Pelayanan Mahasiswa = 26,802 + 0,297 Motivasi Kerja + 0,225 Kemampuan Pegawai
- Nilai konstanta sebesar 26,802 menyatakan jika tidak ada kedua variabel bebas, maka Pelayanan Mahasiswa sebesar 26,802.
- Nilai koofisien sebesar koefisien 0,297 menunjukkan bahwa meningkatnya Motivasi Kerja sebesar 1 akan meningkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa sebesar 0,297.
- Nilai koofisien sebesar koefisien 0,225 menunjukkan bahwa meningkatnya Kemampuan Pegawai sebesar 1 akan meningkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa sebesar 0,225.
Nilai uji t menunjukkan tingkat signifikansi konstanta dan variable independent.
- Signifikansi variable konstanta; sig. = 0.000 < 0.05 ini menunjukkan bahwa konstanta mempengaruhi secara signifikan dalam regresi ganda.
- Signifikansi variable Motivasi Kerja; sig. = 0.015 < 0.05 ini menunjukkan bahwa Motivasi Kerja mempengaruhi secara signifikan dalam regresi ganda.
- Signifikansi variable Kemampuan Pegawai; sig. = 0.05 ≤ 0.05 ini menunjukkan bahwa Kemampuan Pegawai cukup mempengaruhi secara signifikan dalam regresi ganda.
Deteksi Adanya Multikolinearitas
Pedoman model regresi yang bebas miltikolinearitas adalah dengan melihat besaran di collinearity statistics :
- Mempunyai nilai VIF yang mendekati 1
- Mempunyai nilai Tolerance yang mendekati 1
Dari table hasil uji Coeficients Model terlihat bahwa nilai VIF dan Tolerance adalah disekitar angka 1 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi merupakan persamaan regresi yang baik.
KESIMPULAN :
- Angka korelasi antara Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa di dapat 0.571 dengan signifikansi Sig. = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan korelasi 0,571 signifikan. Peningkatan Motivasi Kerja Pegawai sudah tentu akan meningkatkan Pelayanan terhadap Mahasiswa.D
- Dari tabel ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 19,406 dengan nilai Sig. sebesar 0,000. Sedangkan nilai Ftabel diperoleh pada table F dengan v1=2 dan v2=61, yaitu sebesar 3,15. Dari kondisi tersebut terlihat bahwa nilai Fhitung > Ftabel dan nilai Sig. < dari nilai α (0.05), maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja, Kemampuan Pegawai dengan Pelayanan Mahasiswa pada biro akademik kemahasiswaan
makasih, sangat membantu. boleh copy ya..
ReplyDeleteSilahkan bung Alex. Semoga membantu.
Deletemakasi sekali om....
ReplyDeletesaya copy dan print yag :)
Semoga membantu ya.
DeleteThankyou so much pak buat ilmu nya.. GBU
ReplyDeletemasama. :)
ReplyDeleteMin, pengen tahu sumber "Jika nilai Durbin-Watson berada pada rentang -2 ≤ Durbin-Watson ≤ 2, maka tidak terjadi autokorelasi. Sedangkan jika tidak pada rentang tersebut terjadi autokorelasi."....kalo dibandingin dengan nilai Dl dan Du gimana ya?
ReplyDeletethank you bro..izin copy ya..
ReplyDeleteWorthed. Thanks a lot
ReplyDeleteOlah Data Semarang
ReplyDeleteWhatsapp 085227746673
Terima Jasa Olah Data
SPSS, EVIEWS, STATA, SmartPLS, DLL
Turnitin Free (Gratis) Berlaku Sampai 2022
Link Download
https://dik.si/Dec22
STATA 17 Full Version
Link Download
dik.si/STATA17
SmartPLS 3.3.3 Full Version
Link Download
dik.si/SM333
Eviews 12 Full Version
Link Download
dik.si/Eviews
#new_olahdatasemarang #newolahdatasemarang #skripsi #olahdata #jasaskripsi #spss #stata #smartpls #eviews #turnitin #olahdatasemarang #olahdatasemarang_ #olahdatasemarang2021 #olahdatasemarang_2021