Home /Beranda

Thursday, March 29, 2012

Cara Cepat Mencari Nilai Kritis t-tabel dan F-tabel dengan EXCEL

stats_genericDalam pengujian hipotesis, kita sering membutuhkan nilai t dan F dari tabel yang biasanya tersedia di buku-buku statistik atau ekonometrik. Tapi ketika sampelnya besar (sehingga derajat bebasnya juga besar), biasanya angka tersebut tidak tersedia.

Sebenarnya di Microsoft Excel tersedia fasilitas untuk menghitung t dan F ini, berapapun ukuran derajat bebasnya.

Bagaimana caranya ?

Untuk t tabel.

1. Tempatkan kursor (pointer) anda di sel yang akan mengeluarkan hasil t tabel.

2. Ketik rumus ini =TINV(0.05,20). Kemudian tekan ENTER, maka akan keluar nilai t tabelnya. Ini kalau tingkat kesalahannya 5% (CI 95%) dan derajat bebasnya (df) 20. Tentunya anda bisa ganti angka-angka tersebut sesuai kebutuhan.

Untuk F tabel.

1. Tempatkan kursor (pointer) anda di sel yang akan mengeluarkan hasil F tabel.

2. Ketik rumus ini =FINV(0.05,3,20). Kemudian tekan ENTER, maka akan keluar nilai F tabelnya. Ini kalau tingkat kesalahannya 5% (CI 95%) dan derajat bebas 1 (df1)= 3 dan derajat bebas 2 (df2) = 20. Tentunya anda bisa ganti angka-angka tersebut sesuai kebutuhan.

Oke, selamat mencoba. Tentunya anda juga bisa mendownload sendiri tabel t dan tabel F di sebelah kiri blog ini.

Terima kasih, Semoga bermanfaat!

6 comments:

  1. Aw, this was a really nice post. And a genuine effort to make a really good website Is a Turkey visa US citizens is necessary ? Yes, of course all the US citizens need a Turkish visa or evisa to enter Turkey. It is a necessary Turkish travel document.

    ReplyDelete