Home /Beranda

Wednesday, January 4, 2012

Software Analisis Kualitatif

Banyak ditemukan berbagai produk program komputer di pasaran yang telah direkomendasikan oleh para ahli untuk penelitian kualitatif. Berikut ini beberapa program unggulan ditempilkan dari sekian banyak program komputer yang telah ada.
ATLAS/ti
Program komputer untuk menginterpretasi teks, mengatur teks dan membongkar teks untuk mencari konsep-konsep (membangun teori).
Dapat diaplikasikan pada bidang  ilmu pengetahuan sosial, Ekonomi, Ilmu Pendidikan, Kriminologi, penelitian pasar, pengatuaran kualitas,t heology. Program ini sesuai  untuk IBM PCs and compatibles (DOS version).  A 32-bit Windows version (Windows 95, Windows/NT and Windows 3.1). .Sekarang sudah dikeluarkan versi Xp yang dapat dipakai oleh setiap orang.
Tujuan dari program ATLAS.ti adalah untuk membantu peneliti menganalisis secara sistemeatis fenomena data yang kompleks dan multimedia data.program ini menyediakan peralatan untuk member tahu letak, kode, kutipan pada data primer, evaluasi hal-hal penting dan menayangkan hubungan diantara data tersebut. ATLAS.ti cdapat menampung data –data yang banyak dan menyimpan semua catatan, kutipan, kode dan memo untuk penelitian lebih mendalam  untuk data-data utama termasuk teks gambar, suara, rekaman video dan peta. Ditambahakan disediakan alat analisisi dan visuaslisasi untuk merancang interpretasi baru pada bahan penelitian.

Code-A-Text
Code-A-Text adalah paket program untuk membantu psikoterapist. Ini dirancang untuk memfasilitasi analisis percakapan dengan terapis di tempat klinik, guru-guru dan peneliti ingin mengetahu atau memahami ide dan struktur dari teks yang digaris bawahi. Program tersebut membantu menganalisis teks termasuk proses pemberian catatan, memberikan pertanyaan pada awal dan akhir dan memberikan analisis.Segera akan diluncurkan pula program yang akan mengnganalisis suara. Code-A-Text diciptakan oleh  Dr Alan Cartwright, a psychotherapist Ia adalah  Director of the Centre for the Study of Psychotherapy, University of Kent di  Canterbury, UK (United Kingdom) Inggrish.

Ethnographv
Program penelitian kualitatif dan analisis data,memfasilitasi dan mengatur analisis teks berdasarkan data seperti transkripsi interview, pengelompokan data, pemberian catatan, catatan harian, catatan peretemuan, dan data-data lainnya. Menurut keterangan sumber bahwa program ini telah digunakan sejak tahun 1985 telah beredar sebanyak 5000 cd. Dapat digunakan pada komputer  IBM and compatible komputers dengan  a 286 or later processor, 2MB of ukuran hardisk and a minimum of 2MB RAM required. Sekarang di dpat diperoleh Ethnographv V6 yng berjalan pada Win XP.
Kwalitan 4.0
Kwalitan adalah program pendukung untuk analisis data kualitatif, seperti pembicataan, wawancara dan observasi, atau bahan-bahan tulisan  seperti artikel di Koran, berita harian, manuskrip purbakala, dan lain-lain. Pada dasarnya program ini khusus diproduksi untuk kebutuhan penelitian kualitatif dengan pendekatan teori dimana peneliti mencoba menggeneralisasikan rancangan teori sebagai bahan interpretasi bahan
NUD*IST 
Program ini membantu peneliti menganalisis data tak berstruktur dan bukan angka dengan member indeks, NUD*IST or Non numerical Unstructured Data Indexing Searching and Theorizing software. Program ini cocok untuk sebuah analisis sederhana seperti membuat transkrip teks membuat ringkasan dari kumpulan keterangan dan menganalisis teks. Ini dirancang untuk berbagai keperluan analisis data dengan kode-kode otomatis, menaganalisis table untuk proses analisis.
Perangkat lunak ini adalah pilihan yang baik untuk analisis sederhana, seperti transkrip teks dari ringkasan kelompok fokus atau data survei terbuka untuk konstruksi teori yang lebih kompleks dan analisis. Hal ini dirancang untuk mengotomatisasi banyak pekerjaan membosankan yang terkait dengan analisis data kualitatif, dengan auto data coding menandakan teks, mengimpor data tabel dan menggunakan file perintah untuk mengatur proses analisis. Sebuah QSR NUD * proyek IST berisi dokumen data, yang dapat di- baris teks dokumen, atau off-line dokumen apapun. Ini menangani dokumen melalui manajemen dokumen, pencarian (termasuk pencarian teks) dan sistem tampilan. Hal ini juga berisi Sistem Indeks komprehensif untuk memegang kategori konsep, fakta, dan ide-ide, dan untuk pengkodean dokumen proyek dengan menggunakan kategori tersebut, mendefinisikan dan menganotasi kode-kode, kode-kode taksonomi mengorganisasi, dan menampilkan data mereka. Anda dapat indeks dan menganalisis jumlah dan jenis "dokumen" di semua:. Teks file, kliping koran, buku, foto, peta, musik, kaset video QSR NUD * IST memungkinkan Anda untuk membangun dan memodifikasi pohon-terstruktur "Sistem Indeks" untuk sebuah proyek. Ini adalah repositori untuk mengindeks kode ke dalam dokumen Anda, untuk fakta dan konsep-konsep dan kategori yang ingin Anda gunakan dalam mengatur data Anda, dan untuk komentar. Menjadi pohon-terstruktur, Sistem Indeks bertindak sebagai penyelenggara taksonomi yang kuat tetapi sederhana dari ide-ide Anda dan mengindeks data Anda. Tidak ada batasan ukuran atau kapasitas data Indeks System proyek (kecuali yang dikenakan oleh batas memori komputer Anda). Pohon-pohon Indeks dapat disusun kembali dengan mudah dan fleksibel sebagai ide-ide Anda dan pemahaman dari proyek penelitian Anda tumbuh dan berubah. Dokumen yang diimpor secara tunggal atau dalam batch, dalam teks biasa dengan format otomatis ke unit yang dipilih dari teks. Coding di layar, dengan akses langsung baru untuk sistem kode, peneliti dapat memantau dan mengelola munculnya ide-ide.Materi kode ditampilkan untuk refleksi, revisi coding dan coding-on untuk kategori baru.Dengan pencarian pengkodean atau teks diakses oleh yang baru, tampilan visual, peneliti dapat menguji hipotesis, mencari pola atau mengejar garis penyelidikan ke sebuah kesimpulan percaya diri. 
QDAMiner
"QDA Miner is program yang sangat mudah digunakan untuk analisis data kualitatif dalam pemberian kode , kutipan, . program ini dapat mengatur jumlah data yang besar dan mengkombinasikan dengan data-data angka dan informasi-informasi lainnya yang telah dikategorikan. QDA Miner juga menyediakan piranti untuk menjelaskan hubungan antar kode dan beberapa data angka lainnya.
Perangkat lunak ini dapat mengelola proyek yang kompleks melibatkan sejumlah besar dokumen digabungkan dengan informasi numerik dan kategoris. QDaMiner juga menyediakan berbagai alat eksplorasi untuk mengidentifikasi pola dalam pengkodean dan hubungan antara kode yang diberikan dan sifat numerik atau kategoris lainnya. Dokumen disimpan dalam Rich Text Format-dan font dukungan dan format paragraf, grafik dan tabel. Dokumen dapat diedit setiap saat tanpa mempengaruhi pengkodean yang ada.
QDa Miner dapat mengimpor dan mengekspor dokumen, data dan hasil dalam berbagai format file (MS Word, WordPerfect, RTF, HTML, XML, PDF dokumen, MS Access, Excel, Paradox, dBase, QSR N6, Atlas.ti, HyperResearch, Ethnograph, Transana, Transcriber, dll). Ini juga menyediakan integrasi yang unik dengan analisis isi kuantitatif canggih, teks-pertambangan (WordStat) dan analisis statistik (Simstat) alat, memberikan kombinasi yang mudah dan integrasi metode kualitatif dan kuantitatif. 
HyperRESEARCH
Program ini membantu para peneliti untuk memberikan kode, memberikan catatan-catatan penting dan menganalisis data. Dengan bantuan multimedia , HyperRESEARCH dapat memberikan kesempatan meneliti data berupa grafik, audio, dan sumber berupa rekaman video. HyperRESEARCH telah diluncurkan dan digunakan sejak tahun  1991. HyperRESEARCH adalah program yang sangat mudah karena dapat anda bagikan kepada pengguna lainnya misalnya anada bekerja dengan partner atau group penelitian. Atau anada dapat menjual kasus anda kepada peneliti lainnya selama komputer yang digunakan menggunakan  MacOS X or Windows. HyperRESEARCH dapat digunakan untuk penelitian  kesehatan, hokum, sosiologi, antropologi, music, geografi, geologi, pendidikan theology, filsafat, sejarah dan semua bidang yang menggunakan pendekatan kualitatif.

Tools Analisis Penelitian Qualitatif yang lain.


  • AnSWR: "a software system for coordinating and conducting large-scale, team-based analysis projects that integrate qualitative and quantitative techniques" (Free, Windows)
  • ANTHROPAC: "a menu-driven DOS program for collecting and analyzing data on cultural domains. The program helps collect and analyze structured qualitative and quantitative data including freelists, pilesorts, triads, paired comparisons, and ratings. ANTHROPAC's analytical tools include techniques that are unique to Anthropology, such as consensus analysis, as well as standard multivariate tools such as multiple regression, factor analysis, cluster analysis, multidimensional scaling and correspondence analysis." (Commercial, Windows)
  • CDC EZ-Text: "a software program developed to assist researchers create, manage, and analyze semi-structured qualitative databases...The ability to export and import the codebook helps to coordinate the efforts of multiple coders simultaneously working with copies of the same database file." (Free, Windows)
  • C-I-Said: "offers a set of unique features which allow the depth of analysis, normally associated with a programme dedicated to qualitative analysis, within an analytic framework which is quantitative in orientation. Thus open ended coding, using comments and textual annotations, is accompanied by rating scales that can be categorical or numerical in format." (Commercial, Windows)
  • Coding Analysis Toolkit (or “CAT”): a "suite of tools custom built from the ground-up to facilitate efficient and effective analysis of text datasets that have been coded using an internal coding module or the commercial-off-the-shelf package ATLAS.ti" (Free, web-based)
  • Event Structure Analysis: " an on-line Java program that helps you analyze sequential events." (Free; web-based, with download available)
  • LIWC:  "Linguistic Inquiry and Word Count (LIWC) is a text analysis software program... LIWC is able to calculate the degree to which people use different categories of words across a wide array of texts...to provide an efficient and effective method for studying the various emotional, cognitive, and structural components present in individuals’ verbal and written speech samples" (Commercial, with free and limited web analysis available; Windows/Mac)
  • MAXQDA: a tool for qualitative data analysis, evaluation, and text analysis: "supports all individuals performing qualitative data analysis and helps to systematically evaluate and interpret texts...also a powerful tool for developing theories and testing the theoretical conclusions of the analysis" (Commercial, Windows)
  • NVivo: software which "removes many of the manual tasks associated with analysis, like classifying, sorting and arranging information, so you have more time to explore trends, build and test theories and ultimately arrive at answers to questions." (Commercial, Windows)
  • Porphyry: "a desktop client for qualitative analysis of images and qualitative analysis of texts."(Cross platform, Open Source)
  • Qualrus: "qualitative data analysis tool that helps you manage unstructured data. Use it to analyze videos of interviews, organize field notes, categorize paintings or photographs, measure survey responses and much more.." (Commercial; Windows, Mac or Linux with virtual Windows environment)
  • SEASR: tools & frameworks for sharing data and research (including data analysis) in virtual work environments (Free; open source, Windows/Mac/Linux)
  • TAMS Analyzer: "an open source qualitative package for the analysis of textual themes. It can be used for transcribing digital media and for conducting discourse analysis in the social and cultural sciences." (Free, Mac/GnuStep)
  • Transana: a "software for professional researchers who want to analyze digital video or audio data. Transana lets you analyze and manage your data in very sophisticated ways. Transcribe it, identify analytically interesting clips, assign keywords to clips, arrange and rearrange clips, create complex collections of interrelated clips, explore relationships between applied keywords, and share your analysis with colleagues." (Commercial; open source, Windows/Mac)
  • Weft QDA [Review]: "an easy-to-use tool to assist in the analysis of textual data such as interview transcripts, written texts and fieldnotes" (Free, Windows/Linux)


Referensi :
American Evaluation Association, Qualitative Softwarecaqdas Networking Project: Provides "practical support, training and information in the use of a range of software programs designed to assist qualitative data analysis."

Bogdan, Robert C., and Sari Knopp Biklen. 1998.Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Methods. 3rd ed. Allyn and Bacon.

Google Directory Listing of Qualitative Research ToolsOnline QDA: "a set of training support materials which address common problems (both early and advanced) of using Qualitative Data Analysis (QDA) methods and selected Computer Assisted Qualitative Data AnalysiS (CAQDAS) packages"



Richards, T.J & L. Richards. (1994). Using Computer in Qualitative Research”. Dalam Denzim, N.K & Y.S. Lincoln (Penyunting). Handbook of Qualitative Research. Thousands Oaks: Sage Publication.

Weitzman, E. A. and Miles, M. B. (1995a). Choosing software for qualitative data analysis: An overview.Cultural Anthropology Methods, 7: 1-5. 

Weitzman, E. A. and Miles, M. B. (1995b). Komputer programs for qualitative data analysis: A software sourcebook. Thousand Oaks: Sage.


4 comments:

  1. maaf mau menanyakan, software2 ini kalau datanya dalam bahasa indonesia apakah bisa digunakan? Atau perlu di translate ke english juga? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. New NVivo 12 Full Version
    New Update Link Download NVivo 12 Full Version
    dik.si/NNVivo

    ReplyDelete