Home /Beranda

Thursday, April 12, 2012

Cara Menghitung One Way ANOVA dengan EXCEL 2007

               Ada salah satu teman saya yang bertanya “pak Ian bagaimana bisa ngitung statistik kaya ANOVA di MS. EXCEL? maksudnya mau mencari nilai P-Value atau pada Program SPSS disebut sebagai Nilai Signifikansi”. Sambil tersenyum “bisa! untuk itu saya ada disini” aplikasi software statistik seperti salah satunya MS. EXCEL dan sebenarnya masih banyak software statistik yang dapat membantu mempermudah pengolahan data statistik khususnya analisis ANOVA seperti SPSS, Minitab, Lisrel, AMOS, SAS dan lain sebagainya.
 
Ok, saat ini saya akan mengulas tentang bagaimana menghitung Analysis of variance (ANOVA) dengan menggunakan Microsoft Excel, sebelum berlanjut tentunya anda sudah tahu  bahwa ANOVA adalah suatu metode analisis statistika yang termasuk ke dalam cabang statistika inferensi. Dalam literatur Indonesia metode ini dikenal dengan berbagai nama lain, seperti analisis ragam, sidik ragam, dan analisis variansi. 

Bagaimana langkah-langkah menghitung ANOVA di MS. EXCEL tersebut? Ok kalau anda sudah memiliki data misalnya Pengaruh Media yakni Visual (A), Interaktive (B), Cetak (C) dan Audio (D) terhadap Hasil belajar. Silahkan isikan pada dikolom lembar kerja MS. EXCEL. Seperti ini…

Siswa
MEDIA PEMBELAJARAN
A
B
C
D
1
50
70
65
70
2
53
70
86
75
3
55
75
82
67
4
62
80
79
80
5
75
60
67
82
6
72
65
69
72
7
67
70
65
82
8
69
80
70
81
9
71
85
78
87
10
77
70
74
90
11
80
68
75
85
12
78
75
71
70
13
85
72
76
85
14
68
80
85
90
15
80
85
80
94
16
78
89
75
100

Untuk menghitung ANOVA ini saya asumsikan anda memakai MS. EXCEL 2007 ya, jadi klik menu Data - Data Analysis (di menu Analysis Tools, silahkan pilih ANOVA: Single Factor _ OK (setelah tampil di menu Input Range silahkan sorot data yang akan dihitung. Kemudian klik OK. Udah deh…

Jika kurang Jelas dapat dilihat melalui Link video disini.
(Mohon maaf videonya bukan untuk data yang di atas tetapi hanya sekedar menayangkan cara penginputan data)

Dipilihan menu ANOVA ada menu: 
Single Factorini melakukan analisis sederhana dari varians antara dua set data.
Two Factor without Replicationini melakukan analisis varians antara dua atau lebih set data. Ini harus digunakan bila Anda hanya memiliki satu sampel dari setiap data.
Two Factor with Replicationini melakukan analisis varians antara dua orang lebih banyak set data. Ini harus digunakan bila Anda memiliki lebih dari satu sampel dari setiap data.

Kok, di MS. Excel ku ga ada menu Data Analysis? Sabarrr aja, saya akan berikan cara-caranya supaya tampil, begini. Klik kanan di menu Bar, kemudian akan muncul menu Customize the Quick -  Access Toolbar - Add-ins (Cari menu Manage pastikan ada pada perintah Excel Add-Ins)- Go - tandai Analysis ToolPak _  OK. Maka akan segera tampil menu Data Analysis. Cara kedua bisa anda klik pada Menu Office Button (sebelah kiri atas document Excel 2007 yang berbentuk bulatan) - Word Option (sebelah kanan bawah) - Setelah muncul kotak dialog, Klik pada Menu Add-Ins (sebelah kiri) - Klik pada Custom XML Data - Go (terdapat di bagian bawah) - Tekan OK jika muncul menu konfirmasi. Lalu Jadi deh....

Output ANOVA seperti apa yang akan anda peroleh, pertama SUMMARY dan pada bagian kedua hasil perhitungan ANOVA. Seperti ini...

Anova: Single Factor












SUMMARY






Groups
Count
Sum
Average
Variance


A
16
1120
70
108.2666667


B
16
1194
74.625
63.45


C
16
1197
74.8125
44.1625


D
16
1310
81.875
87.05
















ANOVA






Source of Variation
SS
df
MS
F
P-value
F crit
Between Groups
1152.171875
3
384.0572917
5.071248779
0.003391414
2.75807832
Within Groups
4543.9375
60
75.73229167










Total
5696.109375
63





Bagaimana cara menterjemahkan hasil output ANOVA tersebut? Begini caranya…
Di output SUMMARY menampilkan Groups yaitu variabel yang anda hitung, count jumlah data yang anda masukkan, sum untuk colomn 1 dan 2 ada jumlah total keseluruhan colomn 1 dan 2, average adalah rata-rata colomn 1 dan 2 dan nilai variance adalah keragaman dari colomn 1 dan 2 “anda dapat mengganti menu colomn 1 menjadi Visual (A), Interaktive (B), Cetak (C) dan Audio (D)”.

Pada output ANOVA diperoleh menu source of variation artinya sumber keragaman. Menu ‘SS’ artinya sum of squares, jumlah kuadratnya. Menu ‘df’ artinya degrees of freedom, derajat bebas bagi masing-masing sumber keragaman. Menu ‘MS’ artinya Mean Squares, kuadrat tengah bagi masing-masing sumber keragaman. Menu ‘F’ adalah salah satu alat statistik untuk menguji hipotesis secara simultan (keseluruhan) atau dikenal dengan uji F, dengan cara keputusannya yaitu membandingkan antara uji F-hitung dengan F-tabel dengan derajat bebas untuk between Groups sebesar 3 dan within Groups sebesar 60 (lihat df), yang menghasilkan nilai ‘P-value’. Terakhir ada menu ‘F crit’ itu artinya nilai F kritis (anda tidak usah lihat tabel F, namun cukup saja lihat F crit tersebut. Hal ini penting seperti yang telah saya sampaikan untuk memutuskan hipotesis secara simultan dengan cara keputusannya yaitu membandingkan antara uji F-hitung dengan F-tabel/ F crit.

Demikian pembahasan tentang bagaimana menghitung ANOVA dengan MS. Excel 2007, mudah-mudahan dapat bermanfaat.
Silahkan tinggalkan pesan ya!

5 comments:

  1. mantap !! membantu kami yg gi butuh tutorial ni ijin copas ??

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak! artikel praktis ini sungguh membantu untuk analisa data penelitian saya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2x. semoga penelitiannya cepat selesai ya. :)

      Delete
  3. Akhirnya ngerti juga. Terimakasih banyak. Penjelasannya simple

    ReplyDelete