Home /Beranda

Saturday, December 22, 2012

Equating Score (Penyamaan Skor)


”Tinjauan tentang Vertical Equating (Penyamaan vertikal)”

 Weiss (1983) mendefinisikan penyetaraan skor sebagal suatu prosedur empiris karena data skor diperoleh dari hasil pekerjaan peserta didik yang selanjutnya diperlukan untuk mentranformasi skor. Menurut Hambleton (1991) penyetaraan skor adalah membandingkan skor yang diperoleh dari perangkat tes yang satu (X) dan perangkat tes lainnya (Y) yang dilakukan melalui proses penyetaraan skor pada kedua perangkat tes tersebut.
Crocker dan Algina (1986), menyatakan bahwa dua skor hasil pengukuran yang menggunakan instrumen X dan Instrumen Y dapat disetarakan skornya jika kedua Instrumen mengukur kemampuan atau trait yang sama. Menurut Kolen (2004) penyetaraan skor dapat dilakukan jika kelompok peserta tes setara, karena kesetaraan yang ekstrim akan berpengaruh dalam perhitungan.
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa penyetaraan/equating merupakan prosedur secara empiris dalam rangka menyetarakan skor dari perangkat tes yang satu ke perangkat tes lainnya sehingga dapat melakukan perbandingan atau konversi secara langsung hasil-hasil indlvidu yang mengikuti perangkat tes yang berbeda tersebut.

Download Makalah Lengkapnya Disini

No comments:

Post a Comment